I post random thoughts.

Saturday, August 8, 2015

Tips Bagi Kamu yang Berminat Masuk OSIS

OSIS. Satu-satunya organisasi yang mempunyai banyak peminat. Setidaknya di kelas gue seperti itu. Gak sedikit yang mengajukan diri mereka untuk ikut dalam organisasi ini. Gue hanya bisa gigit jari.

Awalnya gue ingin mengajukan diri juga untuk melibatkan diri. Tapi... ada satu alasan yang bikin gue gak bisa ikut OSIS. Alasan itu mengalahkan ribuan motivasi gue untuk ikut OSIS.

Sedih juga sih kalau ngomongin satu alasan itu. Yaudah, daripada sedih-sedihan, mendingan gue share beberapa tips, ya. Gue gak yakin akan berhasil sepenuhnya, setidaknya 70-80%.

Ini dia beberapa tips tersebut

1. Niat
Sebelum mendaftarkan diri, baiknya tanamkan niat yang sungguh-sungguh. Niat lo apa? Pengen tenar? Pengen eksis? Pengen deketin ketua OSISnya? Atau anggota OSIS yang lainnya? Kalau salah satu niat lo ingin ikut OSIS seperti yang gue sebutin tadi, mending gak usah ikut OSIS.

2. Persiapkan Diri
Iya, lo harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Mulai dari mental, fisik sampai kecerdasan. Akan ada beberapa test yang memang gak mudah dan instan. Karena yang instan itu hanya mie. Tenang, sesuatu yang indah itu memang gak mudah, kok!

3. Test Mental
Sebagai anggota OSIS mental lo harus kuat. Btw, ketua OSIS waktu SMP (doi adik kelas gue) itu mentalnya lembek banget. Ceritanya doi habis razia sepatu gitu dan doi dimaki-maki sama beberapa cowok yang sepatunya kena razia. Doi nangis-nangis di kamar mandi setelah dimaki-maki... WTF?! Sist, lo itu ketua OSIS, seharusnya lo bisa menunjukkan sikap kepemimpinan lo. Kalau cuma dimaki-maki aja lo langsung mewek gimana kedepannya? Mental sampah.
Yang jelas sih, ketika mental lo ditest dan diomel-omelin, jangan sekali-kali nangis. Lo pengen nangis? Tahan. Udah es em a, malu lah kalau digituin doang nangis.

4. Test Fisik
Pas hari terakhir MOS angkatan gue sempat mengalami apa itu test fisik. Dan ya, gue gagal. Waktu itu kita disuruh lari, gak jauh, kok. Bukan lari dari kenyataan juga... dan disuruh jalan jongkok. Gue gagal di bagian jalan jongkok. Hahaha. Ya, kuat-kuatin aja fisiknya. Inget, demi ketenaran, eh maksudnya demi OSIS. *peace*

5. Test Psikotes
Gak usah dijelasin.

6. Wawancara
Lo akan ditanya-tanya mengenai beberapa hal. Tenang, gak ada pertanyaan, "kapan nikah?", kok. Yang nanyain kan anggota OSIS, bukan anggota keluarga.

Lagipula kan engkau masih anak sekolah, satu es em a.

Tambahan: ketika ditanya-tanya lo harus natap sang senior, bukan sang mantan. Karena sang mantan udah jarang dinyanyiin sama Nidji. Malah gue udah gak pernah dengar lagi tuh Nidji nyanyi itu lagu. Gue seringnya dengar lagu Nidji yang liriknya ada takdir tak pasti-nya. Emang lagunya keren-keren sih, apalagi yang dosakah aku. Ntap b2l.

Lha. Ini ngapain ngomongin Nidji?

*back to topic*

Natapnya biasa aja, ntar malah dibilang nantangin, mhuehe. Gak usah senyum-senyum gitu, biaya berobat diabetes mahal...

Tujuannya adalah biar mereka merasa dihargai dan biar lo gak dianggap nervous gitu. Tau ndiri kakak kelas begimane.

Nah itu beberapa tips yang semoga (tidak) bermanfaat. Maafkan jika ada kata-kata yang menyinggung. Sebagian dari pengalaman gue dan sebagian dari pengalaman beberapa teman gue yang jadi anggota OSIS, meskipun beda sekolah tapi kan kurang lebih sama. Cmiiw ya.

Yang terpenting sih jangan gampang menyerah. Ingat, usaha keras itu tak akan mengkhianati.

(((anaknya vvota banget)))

Sincerely, Kyuto Karen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Bagi Kamu yang Berminat Masuk OSIS

6 komentar:

  1. Mau sih masuk, tapi masak kudu ngulang SMA lagi.
    Mungkin nanti pas kuliah bisa masuk BEM, asik loh ini juga bakal sering dapet gratisan sama dispen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BEM, ya? Boleh tuh dicoba nanti hehe tapi masih sekitar 3 tahun lagi sih...

      Delete
  2. aku dulu smp jadi osis, cuman pas sma gue gak ikut ikutan lagi sama itu yang namanya osis, karena ya emang gak srek.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ya... makin ke sini makin males ikut apa-apa. Haha.

      Delete
  3. Haduh coba dulu waktu SMU gue baca ini. Pasti gue bakal menang dalam pencalonan ketua OSIS. Lalu dengan mudah bisa ngegebet cewe satu sekolah. Yes

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Silakan tinggalkan jejak dengan cara berkomentar di kolom komentar. Kalau ada waktu pasti dikunjungi balik. Salam! :)

Copyright © 2016 Kyuto Karen